Sungailiat Triathlon Tingkatkan Animo Pariwisata Bangka

0
806
(Foto : indonesia.travel)

Bello.id – Sungailiat Triathlon 2016 berhasil menjadi daya tarik pariwisata di Bangka.

Ajang sport tourism tersebut menggabungkan tiga jenis olahraga sekaligus yaitu lari, sepeda dan renang.

Kepala Dinas Provinsi Bangka Belitung, KA Tajudin, optimis bahwa Sungailiat Triathlon mampu meningkatkan jumlah wisatawan.

Sport tourism ini merupakan cara yang tepat, karena pasa peserta yang tergabung dalam komunitas ini akan memberitahu masyarakat luas tentang destinasi di Bangka. Jadi, nanti mereka akan berkunjung bukan hanya karena ada event, tapi karena ingin berwisata,” kata KA Tajudin.

Sungailiat Triathlon yang telah diselenggarakan untuk keempat kalinya ini berjalan sukses.

Setiap tahun acara tersebut mengalami peningkatan peserta.

Pada 2016 ini, tercatat ada 425 peserta dari 18 negara yaitu Aljazair, Australia, Austria, Amerika, Belanda, Brasil, Filipina, Jerman, Jepang, Italia, Inggris, Kanada, Malaysia, Selandia Baru, Singapura, Spanyol, Swedia, Rumania, Perancis dan tuan rumah Indonesia.

Lomba dimulai pukul 07.00 WIB di Pantai Tanjung Pesona, Sungailiat, dan dibuka langsung oleh Gubernur Bangka Belitung, Rustam Effendi.

Penyelenggaraan Sungailiat Triathlon ini juga dilaksanakan bertepatan dengan HUT Kota Sungailiat yang ke-250 tahun.

Para peserta diajak berolahraga sepeda, lari dan renang sambil menikmati beberapa obyek wisata andalan Kabupaten Bangka seperti Pantai Tanjung Pesona, Pantai Tikus, Puri Tri Agung, Agro Wisata Rebo, Pantai Rebo, Pantai Mang Kalok, Pantai Air Nyintir dan Pantai Temberan.

Selain itu, Sungailiat Triathlon juga menggelar kegiatan festival kuliner khas Bangka serta acara makan siang dengan tradisi kuliner asli Bangka yaitu bedulang.

Acara lain yang ikut meramaikan adalah bazar handicraft yang menampilkan kerajinan khas Bangka.

Sumber : indonesia.travel