Mei 2016, Lomba Dayung Sungai Musi Kembali Digelar

0
2230

Bello.id – Pada 11—15 Mei 2016 mendatang, Sumatera Selatan kembali kembali menggelar International Musi Triboatton (IMT) 2016.

Lomba dayung yang akan diikuti oleh puluhan tim nasional dan mancanegara ini digelar dalam rangka mempromosikan wisata di Sumatera Selatan.

Selain itu, IMT juga digelar untuk memperkenalkan Sungai Musi sebagai destinasi wisata minat khusus melalui kegiatan sport tourism bertaraf internasional.

Terdapat beberapa wilayah yang dialiri Sungai Musi yang akan dilewati, yaitu Kabupaten Musi Banyuasin, Kabupaten Musi Rawas, Kabupaten Banyusasin, Kabupaten Empat Lawang dan Kota Palembang.

Ada lima etape yang akan dilalui peserta, dimulai dari lokasi start di Desa Tanjung Raya, Kecamatan Pendopo Barat, Kabupaten Empat Lawang, kemudian dilanjutkan di Desa Ulak Mengkudu Lapangan SDN 14 Empat Lawang sebagai lokasi estafet dan finish di Jembatan Kuning.

Sementara, pada etape kedua dilaksanakan di Desa Muara Kelingi Kabupaten Musi Rawas, kemudian dilanjutkan pada etape ketiga yang dilaksanakan di Kota Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin.

Selanjutnya, etape keempat di laksanakan di Dermaga Pangumbuk Kabupaten Banyuasin, dan etape kelima yang merupakan etape finish dilakukan di Kecamatan 10 Ulu Kota Palembang yang sekaligus menjadi titik pelaksanaan penutupan.

IMT 2016 merupakan paduan wisata penjelajahan atau penelusuran sungai dengan lomba dayung variatif yang menggunakan 3 jenis perahu, yaitu river boat, kayak dan traditional boat racing (TBT), dan penyusuran bersama dengan perahu induk dari ulu ke ilir sepanjang 500 kilometer dengan lintasan berarus deras.

Sport tourism merupakan cara yang efektif untuk mempromosikan potensi pariwisata Sumsel ke mancanegara sekaligus meningkatkan kunjungan wisatawan karena kegiatan seperti ini memberikan direct impact dan media value yang tinggi,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya saat konferensi pers di Kementeri Pariwisata, Jakarta, Kamis (7/4/2016).

Sumber : indonesia.travel