Kuliner Murah Meriah dari Lombok : Sate Bulayak dan Sate Ikan Tanjung

0
2559
Sate Bulayak (Foto : rianakpar.wordpress.com)

Bello.id – Lombok tak hanya menyuguhkan pesona alam yang mengagumkan, tapi juga menawarkan beragam menu kuliner yang mampu memanjakan lidah.

Dan sesuai dengan namanya – “Lombok” yang berarti cabai, masakan-masakan khas daerah ini selalu identik dengan sensasi pedasnya.

Tengok saja Plecing Kangkung atau Ayam Taliwang khas Lombok yang luar biasa pedas.

Namun menariknya, justru rasa pedas inilah yang membuat para penikmat masakan khas Lombok selalu ketagihan. Terutama bagi para penyuka pedas.

Tetapi jangan khawatir, bagi yang tak suka atau anti-pedas, kamu tetap dapat menikmati kuliner-kuliner khas Lombok saat traveling ke sana karena ternyata banyak juga masakan khas Lombok yang bisa kompromi dengan lidah.

Salah satunya adalah Sate Bulayak. Sate Bulayak termasuk salah satu jajanan pinggir jalan yang cukup populer di Kota Mataram.

Jika kamu berkeliling pada petang hingga malam hari maka kamu akan menemukan banyak penjual Sate Bulayak berjejer di tepi jalan sepanjang pusat Kota Mataram.

Yang menarik, para pembeli dapat menikmati jajanan yang satu ini sambil duduk lesehan—layaknya tradisi lesehan yang ada di Yogyakarta.

Para pelancong yang datang ke Lombok dapat duduk-duduk santai berselonjor kaki menikmati suasana malam pusat Kota Mataram yang meriah ditemani lezatnya Sate Bulayak yang juga murah meriah.

Hanya dengan Rp15.000 kamu sudah dapat menikmati satu porsi hidangan Sate Bulayak, berupa 10 tusuk sate daging sapi lengkap dengan bumbu kacang gurih manis dan 5 buah Bulayak.

Bulayak adalah sebutan untuk lontong khas Lombok. Bentuk dan rasanya tak jauh berbeda dengan lontong pada umumnya.

Bedanya, Bulayak dibungkus menggunakan lilitan daun kelapa sehingga menjadikan wujud lontong yang satu ini terlihat unik.

Kamu bisa menikmati hidangan yang satu ini bersama segelas teh manis hangat. Cukup mampu untuk me-recharge tenaga kamu kembali, setelah seharian berjalan-jalan keliling Lombok.

Selain Sate Bulayak, sate khas Lombok lainnya yang tak kalah lezat adalah Sate Ikan Tanjung.

Sate Ikan Tanjung (Foto : lombok.panduanwisata.id)
Sate Ikan Tanjung (Foto : lombok.panduanwisata.id)

Sate Ikan Tanjung biasa dijajakan di pinggir jalan di seputaran pusat Kota Mataram, menggunakan gerobak-gerobak bertuliskan “Sate Ikan Tanjung”.

Hidangan ini terbuat dari daging ikan Tanjung—merupakan ikan khas yang banyak ditemukan di perairan Lombok—yang dibentuk menyerupai sate berbumbu manis dan sedikit pedas dengan aroma khas ikan bakar.

Panganan lezat ini dijual Rp1.000 per tusuk. Cukup terjangkau untuk makanan seenak ini. Sate ini sangat cocok dijadikan camilan selama perjalanan.

Percayalah, sekali saja Sate Ikan Tanjung menyentuh lidah, kamu akan sulit berhenti mengunyah.

Yuk, wisata kuliner ke Lombok!

Baca Juga

Nasi Balap Puyung, Satu Lagi Kuliner Pedas dari Lombok

Pedas Manis si Sate Rembiga

LEAVE A REPLY