Aplikasi-aplikasi Wajib Buat Traveler

0
1610
(Foto : ra2studio/Shutterstock)

Bello.id – Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari penggunaan ponsel pintar dalam kehidupan kita, salah satunya adalah membantu kita dalam melakukan kegiatan melancong.

Kita bisa mengunduh banyak aplikasi di ponsel pintar kita yang bisa membantu dalam perjalanan kita, mulai dari persiapan sampai ketika kita sudah sampai di tempat tujuan.

  1. Aplikasi Peta dan Navigasi

Jenis aplikasi pertama yang harus ada di ponsel pintar kamu adalah aplikasi peta dan navigasi.

Aplikasi-aplikasi penunjuk arah ini menjadi penting agar kita bisa leluasa melakukan pergerakan di tempat tujuan kita, tanpa harus repot-repot bertanya dan tersesat.

Ada beberapa aplikasi populer yang bisa kamu coba, di antaranya adalah Google Maps dan Waze.

Khusus untuk Waze, bukan hanya masalah navigasinya yang bisa diandalkan, tapi kita juga bisa mendapatkan informasi dari pengguna Waze lainnya untuk mengkalkulasi daerah-daerah macet dan menyediakan rute yang paling efisien untuk menuju tempat tujuan.

Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur pencari lokasi fasilitas layanan publik, seperti  lokasi pom bensin, ATM, bank, rumah makan, dan rumah sakit.

  1. Aplikasi Penyedia Informasi

Dalam perjalanan, terutama keluar negeri, tentunya kamu akan banyak berinteraksi dengan orang-orang dan tempat-tempat baru yang belum kamu kenal.

Banyak informasi yang akan kamu butuhkan, mulai dari informasi bahasa sampai informasi-informasi terhadap hal-hal kecil.

Contohnya, dalam perjalanan kita biasanya menemukan bangunan-bangunan bersejarah atau bangunan modern dengan arsitektur yang unik.

Namun, kita tidak mengetahui informasi nama dan sejarah bangunan tersebut. Untuk bertanya dengan masyarakat lokal pun mungkin kita segan.

Nah, sekarang kendala informasi ini dapat diatasi dengan produk aplikasi buatan Google yang bernama Google Goggles.

Cara penggunaannya sangat mudah, kamu cukup memotret objek/gambar yang ingin kamu tahu informasinya menggunakan aplikasi ini, dan kamu akan akan langsung diberikan informasi dari produk atau alat yang dimaksud tersebut.

Banyak sekali informasi yang bisa didapatkan dari aplikasi ini, mulai dari informasi lukisan / gambar, sejarah suatu bangunan terkenal, scan barcode / QR code, hingga menerjemahkan beberapa bahasa global seperti bahasa Inggris, Jerman, Italy, Portugal, Spanyol, Turki, dan Rusia menjadi bahasa lain.

Untuk informasi bahasa, Google juga mempunyai aplikasi Google Translate yang bisa digunakan untuk menerjemahkan percakapan langsung melalui fitur Conversation Mode dan dapat dipakai offline, tanpa harus tersambung ke internet.

  1. Aplikasi Komunikasi

Ketika kita melakukan kegiatan melancong, pastinya kita ingin mengabari atau berkomunikasi dengan keluarga atau teman-teman kita di rumah.

Namun, biasanya kendala jarak, biaya, serta jaringan komunikasi yang berbeda antar wilayah menjadi kendala untuk berkomunikasi.

Sekarang, kendala ini dapat diatasi dengan aplikasi-aplikasi komunikasi universal yang dapat digunakan dengan wifi atau jaringan kartu manapun, tanpa perlu berganti nomor ponsel.

Kamu bisa mengunduh aplikasi Skype atau  WhatsApp Messenger  untuk saling berkomunikasi.

Dengan aplikasi-aplikasi ini, kemudahan dalam berkomunikasi dengan siapapun di belahan dunia dapat dilakukan dengan biaya yang sangat murah, bahkan gratis selama memiliki koneksi internet.

Aplikasi-aplikasi chatting  ini juga bisa digunakan untuk mengirimkan gambar, suara, video, serta peta dan bisa dipakai oleh sistem operasi ponsel pintar manapun.

  1. Aplikasi Converter

Saat melancong keluar negeri, aplikasi converter menjadi penting keberadaannya agar kamu tidak diakali oleh para pedagang ataupun money changer lokal yang memanfaatkan ketidaktahuan para pelancong tentang harga kurs yang berlaku.

Aplikasi seperti The Converter ataupun XE Currency bisa dijadikan andalan dalam mengonversi satuan mata uang kita kedalam satuan mata uang yang dituju.

Namun tidak hanya itu, aplikasi-aplikasi ini juga bisa mengonversi satuan yang tidak lazim seperti feet atau pon menjadi satuan yang lebih familiar seperti meter atau kilogram.

  1. Aplikasi Perencanaan Perjalanan

Sebelum kita melakukan perjalanan, banyak yang harus kita lakukan mulai dari membandingkan harga, mencari informasi tempat, sampai melakukan pemesanan akomodasi.

Sekarang, semua kerepotan itu dapat teratasi dengan banyaknya aplikasi yang dapat membantu kita.

Lewat aplikasi seperti TripAdvisor, TripIt, ataupun Kayak, kamu akan menemukan semua informasi lengkap terkait destinasi liburan yang kamu tuju, mulai dari penginapan, restoran, tempat belanja, hingga tempat wisata menarik lainnya berdasarkan rating dan rekomendasi dari orang yang sudah pernah datang ke sana.

Untuk masalah pemesanan, ada banyak aplikasi yang bisa kamu coba, mulai dari Agoda dan AirBnB sampai aplikasi buatan lokal seperti Traveloka dan Tiket.com.

Semuanya punya keunggulan masing-masing. Mulai dari melakukan pemesanan hotel sampai tiket pesawat dapat dilakukan lewat aplikasi-aplikasi ini.

Semua aplikasi-aplikasi yang disebutkan tadi pastinya akan sangat membantu kamu dalam merencanakan perjalanan liburan kamu.

Mau di dalam negeri ataupun diluar negeri, banyak hal bisa dilakukan hanya melalui genggaman tangan. Jadi, selamat berlibur dan mencoba aplikasi-aplikasi ini ya…