Pelabuhan Wasior Dukung Konektivitas di Papua Barat

0
2007
Pelabuhan Wasior

Bello.id – Setelah pernah mengalami banjir bandang pada 2010, Selasa (5/4/2016) Pelabuan Wasior kembali siap memberikan pelayanan bagi masyarakat Papua Barat.

Pelabuhan Wasior yang terletak di Kabupaten Teluk Wondama ini diresmikan Presiden RI Joko Widodo, Selasa lalu.

Joko Widodo dalam sambutannya menegaskan bahwa pembangunan pelabuhan dan bandara bertujuan untuk terpenuhinya konektivitas.

“Kalau konektivitas terbangun dengan baik, arus barang dan manusia dapat terlaksana dengan baik, dan akan mendorong pertumbuhan ekonomi,” tegas Jokowi.

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan dalam peresmian tersebut menyampaikan bahwa Pelabuhan Wasior merupakan salah satu pelabuhan yang dilalui oleh jalur tol laut.

“Dengan pelabuhan Wasior ini konektivitas barang dan orang di Papua Barat akan lebih mudah,” kata Jonan.

Jokowi juga menyinggung program tol laut yang merupakan langkah pemerintah untuk menegaskan bahwa Indonesia merupakan bangsa maritim. Dengan tol laut sistem logistik antarpulau dan di dalam kepulauan akan terhubungkan.

“Tol laut itu menghubungkan pelabuhan-pelabuhan yang ada di Indonesia, distribusi barang akan semakin lancar sampai ke pelosok-pelosok,” tegas Jokowi.

Saat ini kata Jokowi baru ada 3 jalur tol laut. Tahun ini akan dibangun lagi 6 jalur tol laut lagi.

Sementara itu, ia juga mendukung rencana pemindahan Bandara Wasior Jokowi dan meminta Kementerian Perhubungan untuk segera membangunnya tahun ini.