5 Pantai Indah yang Bikin Kamu Ingin Liburan ke Lombok

0
1822
Sunrise di Gili Trawangan (Bello.id/Nisa)

Bello.id – Kalau kamu merasa Bali terlalu mainstream, tidak ada salahnya kalau kamu melipir ke Lombok.

Pantai-pantai di Lombok mempunyai keistimewaannya sendiri. Selain cenderung lebih sepi dari Bali, ada yang berbeda dari pasir-pasir di pantai-pantai di Lombok yang nggak akan kamu temukan di pantai-pantai di Bali.

Penasaran? Ini istimewanya pasir-pasir di 5 pantai di Lombok.

  1. Pantai Kuta
(Foto : id.lombokindonesia.org)
(Foto : id.lombokindonesia.org)

Saat mendengar kata Pantai Kuta, biasanya kebanyakan orang langsung memikirkan Bali. Ya, Pantai Kuta adalah nama salah satu objek pariwisata yang cukup dikenal di Bali.

Namun jangan salah, ternyata Lombok juga mempunyai Pantai Kutanya sendiri lho. Pantai Kuta di Lombok terletak sekitas 56 km dari Kota Mataram di Desa Kuta, Lombok Tengah, NTB.

Walau sama-sama berpasir putih, pasir di pantai ini berbentuk seperti merica.

Pasir putihnya terbentang indah, air lautnya pun masih tampak bersih dan jernih. Wilayah pantainya juga aman untuk mandi dan berenang.

Selain itu, banyak olahraga air lain yang bisa kita lakukan seperti banana boat, windsurfer atau jetsky.

Kegiatan menyelam juga bisa dijadikan pilihan karena pemandangan bawah laut disekitar pantai ini yang sangat indah dan belum terjamah.

Panoramanya pun tidak kalah indah. Di pantai ini kamu bisa melihat deretan bukit-bukit yang menjorok ke laut.

Perpaduan antara bukit, laut serta butiran pasirnya yang unik akan membuat kamu betah berlama-lama di pantai ini.

  1. Pantai Pink
Pantai Pink (Bello.id/Nisa)
Pantai Pink (Bello.id/Nisa)

Bila umumnya pasir pantai di dunia berwarna hitam atau putih, ada yang berbeda dengan pasir di pantai yang terletak di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur ini. Pasir pantai ini berwarna merah muda atau pink.

Pasir pantai ini berwarna merah muda karena pasir putihnya bercampur dengan pecahan koral-koral berwarna merah yang ada di sekitar pantai.

Ada juga teori yang mengatakan sebenarnya warna pink ini dihasilkan karena adanya hewan mikroskopik semacam amuba bernama Foraminifera yang memproduksi warna merah atau pink terang pada karang.

Kondisi pasir pantai ini membuat banyak wisatawan memberi julukan pantai ini Pantai Pink, meskipun penduduk lokal mengenal tempat in dengan sebutan Pantai Tangsi.

Namun para wisatawan mancanegara yang sering berkunjung ke pantai ini menyebutnya sebagai Pink Beach.

Selain keunikan pasirnya, Pantai Tangsi juga menjual ketenangannya. Di sepanjang daerah pantai ini tidak ada bangunan apa-apa dan tidak dihuni penduduk, sehingga para wisatawan yang menyukai ketenangan akan sangat menikmati suasana di pantai ini.

Selain tidak terlalu ramai dan komersil, aktifitas berenang pun sangat menyenangkan dan menyegarkan mata, karena banyak koral-koral yang berwarna-warni dan masih sehat.

Di pantai ini juga terdapat goa bersejarah peninggalan Jepang yang bisa kamu kunjungi.

  1. Pantai Selong Belanak
(Foto : www.wisatadilombok.com)
(Foto : www.wisatadilombok.com)

Pantai ini terletak di Desa Selong Belanak, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah. Untuk sampai ke tempat ini akan memakan waktu sekitar 1-1,5 jam jika kamu pergi dari arah pusat kota Mataram ke arah Bandara Internasional Lombok.

Berbeda dengan Pantai Pink yang butiran pasirnya agak kasar karena tercampur dengan pecahan koral merah muda, pasir di Selong Belanak sangat halus.

Uniknya, pantai ini seringkali digunakan sebagai arena balapan lantaran pasir pantainya yang mudah mengeras setelah terkena air laut.

Kamu juga bisa menikmati sajian kuliner laut disepanjang pantai ini, karena terdapat banyak penjaja makanan disepanjang bibir pantai yang bisa kamu temui.

Menikmati momen matahari terbenam sambil menikmati makanan laut yang baru dimasak di pantai ini bersama orang-orang tersayang merupakan momen yang pasti kamu ingin coba.

  1. Pantai Tanjung Aan
(Foto : caderabdul.wordpress.com)
(Foto : caderabdul.wordpress.com)

Pantai Tanjung Aan memang mempunyai garis pantai yang pendek jika dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya di Lombok. Namun, keistimewaan pantai ini terletak pada keunikan pasirnya.

Kawasan pantai ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu yang berpasir putih dan yang berpasir agak besar seperti butiran merica.

Keduanya hanya dipisahkan oleh bukit kokoh yang bisa didaki oleh siapa saja.

Dari atas bukit tersebut, kita bisa melihat jelas keindahan Pantai Tanjung Aan dan sekitarnya.

Garis pantai Tanjung Aan sangat begitu jelas terlihat dengan air pantai yang jernih berwarna gradasi hijau kebiruan dengan hiasan birunya langit yang cerah. Ini sungguh pemandangan yang menyejukkan mata.

Selain itu, ombak di Pantai Tanjung Aan sangat tenang, dengan kedalaman air di tepian pantainya yang sangat dangkal, sehingga kita bebas bermain air atau mandi di tepian pantai tanpa harus takut terseret ombak atau tenggelam.

Jika kita malas untuk berbasah–basahan, kita juga bisa berjalan ditepian pantai sambil merasakan sensasi pasir pantainya di telapak kaki.

  1. Pantai Batu Payung
Batu Payung di Kabupaten Lombok Tengah (Bello.id/Nisa)
Batu Payung di Kabupaten Lombok Tengah (Bello.id/Nisa)

Pantai ini memang belum dikenal diantara para wisatawan, meskipun letaknya berada dibalik bukit diseberang pantai tanjung Aan.

Tepatnya berada di Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah bagian selatan.

Bagian paling unik dari pantai ini adalah keberadaan batu-batu karang raksasa yang sekilas berbentuk seperti payung atau jamur kuping.

Batu-batu karang ini membentuk pola jamur kuping karena bagian bawahnya terlihat lebih kecil dari pada bagian atas atau puncak batu itu.

Uniknya, pasir-pasir di pantai ini hampir sebagian besar diisi oleh batu-batuan berukuran sedang, sehingga bila kamu berjalan kamu harus berhati-hati karena batu-batu ini licin oleh lumut.

Rute menuju pantai ini tidak sulit, kamu bisa menuju ke arah Pantai Kuta atau bisa langsung menuju arah Pantai Tanjung Aan dan berjalan kaki menuju bagian Pantai Batu Payung.

Eksotis, megah, dan unik adalah tiga kata yang bisa menggambarkan keistimewaan pantai ini.

Ayo liburan ke Lombok!