Lembutnya Daging Sate Maranggi Cibungur

0
3543
Sate Maranggi (Bello.id/Nisa)

Bello.id – Kamu penyuka sate?

Ada satu jenis sate yang sangat terkenal di wilayah Purwakarta, Jawa Barat. Namanya Sate Maranggi.

Salah satu “warung” Sate Maranggi yang terkenal di wilayah ini adalah Sate Maranggi Cibungur.

Warung sate ini tak pernah sepi pengunjung. Apalagi saat akhir pekan. Mobil-mobil berplat B tampak berjejer parkir di lahan parkirnya yang cukup luas.

Rupanya daging satenya yang empuk, ditambah bumbu khasnya yang gurih manis dan sangat meresap itu menjadi rahasia kenapa warung sate ini selalu ramai.

Ada tiga pilihan daging sate, daging ayam, kambing, dan sapi. Pada sate kambing, kamu bisa merasakan dagingnya yang empuk. Bahkan, bau khas daging kambingnya pun tak terasa.

Bumbu yang digunakan dalam mengolah sate ini adalah ketumbar, bawang merah, jahe, dan lengkuas.

Sajian sate maranggi semakin nikmat dengan sambal yang terdiri dari potongan tomat dan cabai rawit hijau yang sedap. Harga per porsi, untuk setiap 10 tusuk sate Rp40.000.

Asyiknya, sate maranggi ini bisa kamu nikmati bersama dengan nasi tutug oncom.

Belum puas dengan satu porsi sate maranggi? Tenang saja.

Warung sate ini juga menyediakan panganan lain yang tak kalah nikmatnya. Ada sop dengkul, gule sapi, nasi bakar ati ampela, dan masih banyak lagi.

Selesai makan, akhiri wisata kulinermu di sini dengan menyeruput es kelapanya yang segar.

Sejak didirikan, tak banyak yang berubah dari warung sate ini. Sang pemilik, Ibu Yeti, tetap mempertahankan kesederhanaan di warung satenya.

Meski semakin dikenal masyarakat dari tahun ke tahun, Ibu Yeti sampai saat ini tidak membuka cabang di tempat lain. Hal itu membuat resep-resepnya begitu istimewa, karena hanya bisa dinikmati di Cibungur, Purwakarta saja.

Suasananya yang teduh karena berada di bawah rimbunnya pohon membuat kamu bisa betah berlama-lama menikmati panganan di sini.

Warung Sate Maranggi Cibungur ini buka sejak pukul 9 pagi hingga 9 malam.

Jika kamu dari arah Jakarta, kamu bisa keluar Tol Cikampek. Belok ke kanan, lalu susurilah Jl. Raya Cibungur Purwakarta.

Sekitar 3 km atau 10 menit dari pintu keluar tol, kamu bisa menemukan warung sate ini di sebelah kiri jalan.