Bandara Silangit Jadi Pintu Gerbang Wisata Danau Toba

0
2124
Pesona Danau Toba (Bello.id/Jeffri Minggar)

Bello.id – Kamu yang ingin berwisata ke Danau Toba sekarang tak perlu menempuh perjalanan berjam-jam lagi dari Bandara Kualanamu.

Akses ke Danau Toba kini lebih mudah ditempuh dari Bandara Silangit, hanya diperlukan waktu sekitar 1-2 jam.

Selasa (22/3/2016), Angkasa Pura II dan Garuda Indonesia membuka penerbangan perdana dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten ke Bandara Silangit, di Tapanuli Utara, Sumatera Utara.

Selain diharapkan mampu menggeliatkan perekonomian di Sumatera Utara, Bandara Silangit juga ditujukan untuk memudahkan wisatawan yang ingin berlibur ke Danau Toba.

Dalam satu minggu, Garuda Indonesia terbang sebanyak tiga kali ke Bandara Silangit dengan pesawat Bombardier CRJ-1000 NextGen “Explore Jet”. Pesawat tersebut berkapasitas 96 penumpang dengan konfigurasi all economy class.

Pembukaan rute Jakarta–Silangit pp ini merupakan tindak lanjut Garuda Indonesia usai Rapat Terbatas Percepatan Kawasan Danau Toba yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo pada awal Maret lalu.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah menetapkan Danau Toba sebagai satu dari 10 destinasi utama yang pengembangannya harus dipercepat.

Direktur Utama Garuda Indonesia M. Arif Wibowo berharap dibukanya rute baru ke Bandara Silangit ini dapat memberikan kontribusi positif bagi negara dalam bidang pengembangan pariwisata nasional.

“Pembukaan rute Jakarta – Silangit pp tersebut merupakan bagian dari pengembangan jaringan yang terus kami laksanakan, khususnya di wilayah barat Indonesia dan juga merupakan wujud komitmen Garuda dalam mendukung program pemerintah dalam pengembangan destinasi wisata Danau Toba sebagai salah satu dari 10 Destinasi Wisata Prioritas di Indonesia,” tambah Arif.

Penerbangan Garuda Indonesia rute Jakarta–Silangit PP ini juga kiranya akan meningkatkan konektivitas Silangit dan kawasan di sekitarnya dengan kota-kota lainnya di Indonesia sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan perkembangan Silangit sebagai pusat ekonomi baru.

Sementara itu, Direktur Utama PT Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya mendukung seluruh maskapai termasuk Garuda Indonesia untuk mengembangkan konektivitas penerbangan khususnya di kawasan Barat Indonesia.

“PT Angkasa Pura II berterimakasih atas dukungan dari seluruh pihak diantaranya Kementerian Perhubungan, Pemkab Tapanuli Utara, dan Pemprov Sumatera Utara sehingga penerbangan langsung Jakarta–Silangit dapat terwujud dalam waktu dekat. Kami optimistis wisatawan mancanegara dan domestik akan semakin tertarik berwisata ke Danau Toba karena mudahnya akesibilitas dengan waktu tempuh yang hanya sekitar 30 menit hingga 1 jam dari Bandara Silangit,” kata Budi Karya Sumadi.