10 Objek Wisata di Bengkulu yang Perlu Kamu Tahu

0
1950
Pantai Tapak Paderi, Bengkulu (Bello.id/Nisa)

Bello.id – Eksotisme Bengkulu tidak berhenti di Bunga Bangkai saja. Kunjungi destinasi-destinasi istimewa berikut untuk mendapatkan sensasi liburan yang berbeda.

  1. Pantai Panjang

Tidak seperti pantai pada umumnya, pantai dengan garis pantai mencapai 7 km ini dihiasi oleh vegetasi khas pegunungan, yaitu pohon pinus dan cemara.

Berbagai fasilitas seperti restoran, kafe, pusat belanja, fasilitas olah raga, hingga penginapan pun tersedia demi memanjakan para pengunjungnya.

Di penghujung hari, panorama matahari terbenam yang indah pun akan memanjakan matamu.

2. Rumah Pengasingan Bung Karno

Berlokasi di dalam kawasan pusat kota, yaitu tepatnya di jalan Soekarno-Hatta, Kelurahan Anggut Atas, Kecamatan Gading Cempaka, travelers dapat melihat-lihat benda-benda peninggalan Bung Karno semasa Beliau diasingkan di Bengkulu.

Tidak hanya itu, travelers juga dapat melihat koleksi museum dan perpustakaan di sebuah bangunan yang diberi nama ‘Persada Bung Karno’ yang akan menambah pengetahuan travelers mengenai sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia.

3. Rumah Fatmawati

Sekitar 600 m dari rumah pengasingan Bung Karno, travelers dapat melihat-lihat foto-foto keluarga serta masa-masa perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Yang tidak kalah penting, travelers juga dapat melihat mesin jahit kuno berwarna merah yang digunakan oleh ibu Fatmawati untuk menjahit bendera pusaka yang dikibarkan di Pegangsaan Timur No. 56 Jakarta pada 17 Agustus 1945.

4. Monumen Thomas Parr

Monumen yang juga disebut sebagai Kuburan Bulek ini dibangun pada 1808 oleh Pemerintah Inggris ini didirikan untuk mengenang tewasnya Thomas Parr, seorang residen Inggris yang terkenal kejam, oleh rakyat Bengkulu. Namun jasadnya tidak dikuburkan di monumen tersebut, melainkan di suatu lokasi tertutup di Fort Marlborough, Bengkulu.

5. Pantai Tapak Paderi

Pantai yang merupakan pantai penunjang transportasi laut utama di Bengkulu pada masa kolonialisme Inggris ini memiliki panorama yang indah. Bersantailah di pantai ini sambil menikmati jagung bakar yang lezat buatan warga setempat.

6. Danau Dendam Tak Sudah

Danau yang berjarak sekitar 6 km dari pusat kota Bengkulu ini menawarkan panorama danau indah yang dikelilingi bukit-bukit dengan hutan yang lebat, serta flora endemiknya yang cantik, yaitu anggrek pensil. Selain itu travelers juga akan menjumpai lutung dan monyet ekor panjang yang bermain-main disekitar danau, seakan menghibur para pengunjung danau.

7. Benteng Fort Marlborough

Posisinya yang berada sekitar 30 meter dari bibir pantai, membuat travelers tidak hanya dapat menikmati wisata sejarah dari benteng yang dibangun pada tahun 1713 ini, tetapi juga panorama laut serta sunset yang indah di sore hari.

8. Kota Curup

Selain terkenal dengan hasil ladangnya yang melimpah, Kota Curug juga merupakan kota di mana Bunga Bangkai dikembang biakkan. Bello akan mengajak travelers melihat Bunga Bangkai yang jika beruntung, sedang mekar-mekarnya.

9. Bukit Kaba

Di Bukit Kaba, travelers harus mendaki 307 anak tangga sebelum akhirnya tersaji pemandangan bukit barisan yang begitu memikat.

10. Danau Mas Harun Batari

Nikmati indahnya panorama danau ini dengan bersantai di tepi danau atau berkeliling danau menggunakan perahu atau sepeda air.