Serunya Wisata Laskar Pelangi di Belitung

0
1382

Bello.id – Belitung tidak bisa dilepaskan dari kepopuleran film Laskar Pelangi.

Kepopuleran film ini pada akhirnya membuat banyak orang tertarik untuk datang ke Belitung. Yuk intip apa aja keseruan di balik cerita Laskar Pelangi.

Replika SD Muhammadiyah

Salah satu lokasi wajib yang harus dikunjungi jika ingin melakukan napak tilas lokasi-lokasi Laskar Pelangi adalah replika SD Muhammadiyah yang menjadi tempat tokoh-tokoh utama Laskar Pelangi bersekolah. Replika ini dibangun di daerah Belitung Timur, Gantong.

Bangunan replika ini dibangun di atas bukit pasir dengan sebuah danau yang menghadap dermaga.

Bila kita datang ke tempat ini, kita akan disambut dengan sepotong tembok dan gapura yang terbuat dari tiga potong batang kayu gelondongan kecil.

Di depan bangunannya kita akan menemui dua papan kayu. Yang sebelah kiri berbunyi “SD Laskar Pelangi” berlatar anak-anak Laskar Pelangi tengah duduk di tepian pantai saat matahari terbenam, dan di sebelah kanannya berbunyi “SD Muhammadiyah Gantong” yang tulisannya nyaris pudar.

Kita bisa melakukan selfie dan berfoto-foto di papan nama yang di gantung di depan pintu bangunan ini.

Bila kita masuk ke dalam ruangan kelasnya, kita bisa melihat beberapa meja dan kursi serta papan yang sudah tua dan reyot.

Di sini, kita bisa berpose seolah-olah kita adalah murid-murid Laskar Pelangi.

Dengan lokasinya yang berada di atas bukit yang dipenuhi pasir putih dan rumput-rumput pantai, tempat ini terasa eksotis.

Namun percayalah, justru karena kesan kuno dan kesederhanaan tempat inilah yang akan membuat kamu ingin berlama-lama berfoto-foto di tempat ini.

Jangan puas dulu, karena kita juga harus mengunjungi SD Muhammadiyah yang asli yang kini bangunannya sudah diganti menjadi lebih modern.

Walaupun sudah berbeda dengan bentuk yang kita dapati dalam film, ada beberapa hal yang masih sama, seperti pohon besar yang menjulang di depan SD, dan semak belukar berwarna coklat kering yang muncul di salah satu adegan di film Laskar Pelangi.

Museum Kata Andrea Hirata

Berbicara tentang Laskar Pelangi, tentu tidak bisa lepas dari sang penulis Andrea Hirata, yang merupakan orang asli Belitung.

Di Belitung, ada satu museum khusus yang dibangun oleh Andrea untuk mengabadikan novel populer ini, yaitu Museum Kata.

Museum Kata Andrea Hirata terletak di Jalan Raya Laskar Pelangi No.7, Gantong, Belitung Timur.

Datang ke museum ini, pengunjung akan diajak melakukan napak tilas perjalanan novel Laskar Pelangi.

Mulai dari cuplikan per halaman novel laris tersebut, hingga perjalanan diangkatnya novel tersebut menjadi sebuah film yang sangat laris di Indonesia.

Foto-foto yang dipasang di dalam museum juga seperti bercerita mengenai perjalanan karya sastra yang menjadi salah satu kebanggaan masyarakat Belitung ini.

Masuk ke dalam museum, suasana napak tilas novel Laskar Pelangi ini semakin terasa. Di ruang ini, kita dapat melihat foto-foto sang penulis disertai dengan kalimat-kalimat inspiratif di dalamnya.

Salah satunya adalah tulisan “Bermimpilah karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpimu”.

Masuk lebih ke dalam, pengunjung akan disambut dengan sebuah ruang yang sangat nyaman, lengkap dengan meja beserta buku-buku yang dibiarkan berserakan di atas meja.

Di ruangan ini, dipajang foto-foto adegan film Laskar Pelangi. Sampul-sampul novel Laskar Pelangi yang diterbitkan di berbagai negara juga menghiasi dinding ruang ini.

Museum Kata Andrea Hirata menjadi museum sastra pertama dan satu-satunya di Indonesia.

Berkunjung ke museum ini bisa membuat kamu mendapatkan inspirasi untuk lebih mencintai karya sastra dalam negeri, dan siapa tahu, kamu adalah Andrea Hirata berikutnya yang berhasil membanggakan bangsa dengan karya sastranya!

Mau liburan ke Belitung? Klik travel.bello.id