Wonderful Indonesia Promosi di India

0
2422

Bello.id – Untuk menjaring wisatawan dari India, Wonderful Indonesia turut berpartisipasi dalam World Culture Festival (WCF) 2016 di New Delhi.

Dalam WCF yang berlangsung pada 11—13 Maret 2016 lalu, Wonderful Indonesia menampilkan keragaman budaya yang menjadi daya tarik pariwisata.

Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Pasifik, Visensius Jemadu, mengatakan bahwa WCF merupakan acara yang diselenggarakan oleh organisasi The Art of Living untuk merayakan dedikasi mereka terhadap nilai-nilai kemanusiaan dan spritualitas, antara lain dengan menghadirkan beragam bentuk kebudayaan dari seluruh dunia sehingga dapat dilestarikan untuk generasi mendatang.

“Acara WCF ini sudah berlangsung selama 35 tahun. Pada acara WCF tahun ini, dicanangkan festival yang megah dengan luas mencapai 7 hektar. Kita akan menampilkan pertunjukan kesenian angklung dari Ika Angklung yang berkolaborasi dengan segenap tim Art of Living Indonesia,” kata Vinsensius Jemadu.

Festival WCF 2016 juga akan menyajikan pertemuan Global Leadership Forum yang berlangsung selama dua hari.

Dalam acara festival tersebut, Indonesia mempromosikan 10 destinasi prioritas, yaitu Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, Bromo-Tengger-Semeru, Kepulauan Seribu, Toba, Wakatobi, Tanjung Lesung, Morotai dan Tanjung Kelayang.

Wonderful Indonesia saat ini tengah gencar melakukan promosi ke mancanegara. Posisi branding Wonderful Indonesia di negara-negara Asia saat ini berada di peringkat 47 atau masih di bawah Singapura yang berada di peringkat 41 namun sudah mengalahkan Thailand dan Malaysia yang berada di peringkat 83 dan 97.

Promosi Wonderful Indonesia di WCF 2016 merupakan bagian dari upaya strategi promosi dalam meningkatkan wisatawan mancanegara India yang menjadi salah satu pasar utama pariwisata Indonesia.

Pada 2015, kunjungan wisman India sebanyak 271.252 wisman atau mengalami pertumbuhan sebesar 15% dibandingkan tahun sebelumnya.

Sementara, tahun ini dari target kunjungan 12 juta wisman diharapkan sebanyak 350 ribu wisman berasal dari India.

Pemerintah optimis mampu melampaui target yang telah ditetapkan, kebijakan bebas visa bagi 90 negara di seluruh dunia dan gencarnya promosi Wonderful Indonesia menjadi usaha yang dianggap tepat untuk menarik kunjungan wisman dari berbagai belahan dunia, termasuk India.