Pemerintah Akan Gencarkan Jaring Wisman dari Perbatasan

0
812
(Foto : Shutterstock.com/MattiaATH)

Bello.id – Sebagai upaya menarik kunjungan wisman ke wilayah perbatasan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), tahun ini Kementerian Pariwisata akan menggencarkan promosi pariwisata dengan menggelar festival border tourism secara reguler.

“Menggencarkan festival di wilayah perbatasan dengan negara lain menjadi alat efektif untuk menjaring wisman lebih banyak lagi masuk ke Indonesia,” kata Menpar Arief Yahya.

Menurut Arief Yahya, ada ratusan titik perbatasan yang akan digencarkan dengan gelaran event antara lain jalur perlintasan  darat di Kalimantan, Papua, Timor,  dan laut Filipina yang bisa ditempuh dengan jalur kapal dengan cepat.

Seperti yang yang dilakukan di wilayah borderland Sambas, Kalimantan Barat (Kalbar) baru-baru ini dapat meningkatkan kunjungan dari Malaysia hingga 10 kali lipat dibandingkan hari biasa.

Menpar berharap tahun ini kunjungan wisman borderland meningkat pesat, seperti halnya yang terjadi pada kunjungan wisman lintas darat Singapura, Malaysia, dan Thailand.

Kontribusi kunjungan wisman dari borderland ke Indonesia tahun 2015 cukup besar mencapai 3,6%.

Data stastistik BPS menyebutkan, dari jumlah kunjungan wisman 2015 sebesar 10.406.759 wisman terdiri atas, wisman melalui 19 pintu masuk (19 point of entry) sebagai foreign visitor sebanyak 9.729.350 wisman atau sebesar 93,49%.

Sementara wisman yang lewat pintu perbatasan atau foreigners who enter througt the cross border post sebanyak 370.869 wisman atau 3,56%.

Kunjungan singkat wisman selama setahun atau other short foreigner visitors in 1 year sebanyak 306.540 wisman  atau sebesasr 2,95%.