Ke Belitung, Kunjungilah 5 Pulau Kecil Ini

0
1294
Pulau Lengkuas (Bello.id/Nisa)

Bello.id – Belitung memesona dengan wisata pantainya yang berpasir putih serta bebatuan granit besarnya.

Tahukah kamu, bahwa di antara pesona pantai-pantai di Belitung ada lima pulau kecil yang bisa kamu jelajahi dalam waktu satu hari?

Jaraknya yang saling berdekatan memungkinkan kamu menikmati keindahan lima pulau ini seharian. Ada pulau apa saja? Simak yuk.

  • Pulau Pasir
Pulau Pasir, Belitung (Bello.id/Nisa)
Pulau Pasir, Belitung (Bello.id/Nisa)

Seperti namanya, pulau ini sekilas bila dilihat dari kejauhan hanya seperti gundukan pasir karena luasnya yang sangat kecil, yaitu hanya sekitar 10 meter.

Tapi jangan salah, hanya di pulau ini kamu bisa menemukan deretan bintang laut merah nan cantik di atas pasir yang halus.

Pulau ini mempunyai keunikan tersendiri, yaitu hanya muncul ketika air laut surut. Jadi pastikan kamu datang agak pagi supaya bisa mendarat di pulau ini.

  • Pulau Kepayang (Pulau Babi Besar)
Pulau Kepayang (Bello.id/Nisa)
Pulau Kepayang (Bello.id/Nisa)

Kalau kamu beruntung karena air laut sedang turun, kamu bisa berjalan ke pulau ini dari Pulau Pasir hanya dengan berjalan kaki.

Lalu, kamu bisa langsung menjelajahi kawasan konservasi penyu dan juga terumbu karang yang ada di pulau ini.

Selain itu, fasilitas di pulau ini juga cukup lengkap karena terdapat dive center, restoran, cottage, dan penginapan. Lengkap banget kan?

  • Pulau Batu Berlayar
Pulau Batu Berlayar (Bello.id/Nisa)
Pulau Batu Berlayar (Bello.id/Nisa)

Pulau ini dinamakan pulau batu berlayar karena terdapat dua batu besar yang berdiri vertikal sehingga berbentuk seperti layar di tengah pulau ini.

Nggak hanya itu, kamu juga bisa melihat batu batu granit di tepi pantai yang bagian atasnya berbentuk seperti sirip ikan hiu.

Nah, pulau ini sama “pemalunya” dengan Pulau Pasir, karena pulau ini hanya bisa dikunjungi kalau air laut sedang tidak pasang, jadi atur waktu kamu ya supaya bisa melihat keunikan pulau ini.

  • Pulau Batu Garuda
Batu Garuda (Bello.id/Nisa)
Batu Garuda (Bello.id/Nisa)

Kalau kamu ke Belitung, kamu tidak boleh melewatkan Pantai Tanjung Kelayang. Karena, tidak jauh dari bibir pantai tersebut ada sebuah pulau pasir unik yang bernama Pulau Batu Garuda.

Di pulau ini kamu bisa melihat bebatuan granit besar yang tersusun rapi seolah-olah menyerupai kepala Burung Garuda.

Jangan juga lewatkan pemandangan pada malam hari di pulau ini karena kamu akan melihat kelap-kelip lampu warna-warni yang dipasang pemerintah setempat untuk menghiasi pulau ini.

  •  Pulau Lengkuas
Pulau Lengkuas (Bello.id/Nisa)
Pulau Lengkuas (Bello.id/Nisa)

Nah, dari Pantai Tanjung Kelayang kamu bisa menyeberang ke pulau paling “ngehits” di Belitung ini.

Kenapa? Karena di tengah pulau ini ada sebuah mercusuar tua setinggi 70 meter yang sudah ada sejak zaman Belanda.

Kamu bisa menaiki mercusuar ini lalu melihat pemandangan di sekitarnya dari puncak mercusuar. Dijamin, kamu pasti terkagum-kagum sama indahnya panorama laut dan langit di sekitar pulau ini.

Asiknya, semuanya bisa kamu jelajahi dalam waktu sehari bersama Bello!