Wah, Sebelum Nikah Anak Gadis Suku Sasak Harus Diculik

0
1542
Gadis Suku Sasak (Bello.id/Rafi)

Bello.id – Satu lagi budaya unik dan menarik yang dimiliki oleh Indonesia. Tepatnya budaya pernikahan bagi suku sasak di Lombok.

Jika di daerah lain menculik anak gadis untuk menikah merupakan tindakan yang melanggar norma bahkan hukum, namun berbeda bagi pemuda Suku Sasak Lombok.

Di sini, para pemuda suku sasak malah berlomba-lomba untuk menculik anak gadis yang dicintainya. Ritual seperti ini biasanya disebut sebagai kawin culik.

Menurut beberapa sumber, ritual seperti ini sudah terjadi sejak zaman dahulu. Konon di Lombok ada seorang raja yang memiliki putri yang sangat cantik.

Saking cantiknya, semua pria suka padanya dan bersaing untuk melamarnya. Maka sang raja mendirikan sebuah kamar dengan sistem penjagaan yang sangat ketat.

Lalu raja memberi tantangan yang isinya “Barang siapa berhasil menculik putriku, akan ku nikahkan dia dengan putriku”.

Dari situlah, para pemuda suku sasak memiliki kebanggaan jika berhasil menculik orang yang dicintainya. Maka, jika sudah berhasil menculik, pihak keluarga perempuan harus rela anaknya dinikahkan dengan sang penculik.

Tak heran, jika di setiap rumah adat suku sasak, kamar sang gadis selalu terletak di lantai dua paling belakang agar tidak mudah untuk diculik oleh pria.