Mengintip Pembuatan Kain Tenun di Desa Sukarara Lombok

0
4321
Kegiatan menenun di Desa Sukarara, Lombok (Bello.id/Nisa)

Bello.id – Selain Desa Sade, ada desa lain yang bisa kamu kunjungi saat liburan di Lombok. Salah satunya adalah Desa Sukarara.

Sama seperti di Desa Sade, di Sukarara atau yang sering disebut Sukarare, kamu bisa melihat pembuatan kain tenun songket khas Lombok.

Begitu tiba di desa ini, akan terlihat kegiatan ibu-ibu setempat yang sedang menenun. Budaya menenun begitu mengakar kuat di sini.

Hal tersebut karena terdapat aturan adat yang mengharuskan wanita dapat menenun, sebagai syarat agar diperbolehkan menikah. Oleh karena itu, secara turun temurun anak perempuan di desa ini sudah diajari cara menenun sejak kecil.

Pada setiap rumah di Sukarara terdapat alat menenun. Kamu pun dapat meminta penenun mengajari cara menenun. Tak perlu sungkan, karena mereka akan dengan senang hati membantu kita menggunakan alat tenun.

Motif tenun Sukarara begitu menarik. Motif khasnya antara lain subhanale atau wayang khas Lombok, rumah adat atau lumbung, dan tokek.

Tak heran, karena motif dan warnanya yang beragam kain tenun di sini diminati wisatawan domestik dan mancanegara. Produknya pun bervariasi.

Selain kain, kamu juga dapat menemukan hasil tenun pada tas dan kemeja. Harganya yang terjangkau, membuat produk tenun dari Sukarara layak kamu jadikan buah tangan dari Lombok.