Nggak Mau Liburan Membuatmu Boros? 5 Cara Ini Bisa Kamu Coba

0
1926
Ilustrasi hemat (Shutterstock/Carballo)

Bello.id – Sebagian dari kamu mungkin menganggap liburan sebagai agenda wajib. Biasanya yang menjadi pertimbangan dalam perencanaan liburan adalah soal budget. Apalagi bagi kamu yang sudah punya target-target agenda liburan dalam satu tahun.

Tak perlu bingung. Kamu bisa coba 5 cara ini agar budget liburanmu bisa lebih hemat, dan kamu bisa liburan lebih sering lagi.

  1. Susun rencana dan tujuan

Sebelum menyusun anggaran, sebaiknya kamu menentukan terlebih dahulu tujuan, waktu keberangkatan, serta waktu yang akan dihabiskan saat liburan.

Jangan memilih tujuan karena gengsi maupun pengaruh dari orang lain.

Pilih destinasi yang memang benar-benar ingin kamu kunjungi. Dengan begitu, kamu bisa menyesuaikan anggaran sesuai dengan pendapatanmu.

  1. Menyisihkan dana liburan secara rutin

Setelah menentukan rencana dan tujuan, hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menyisihkan dana dari pendapatan setiap bulan yang disesuaikan dengan jarak lokasi liburan dan waktu yang akan dihabiskan selama liburan.

Semakin jauh lokasi dan lama waktu liburan, maka semakin banyak pula dana yang perlu kamu persiapkan. Perencanaan yang baik membuat anggaranmu lebih hemat dibandingkan liburan secara spontan.

  1. Mencari tiket dan penginapan murah

Jika sudah memilih tanggal keberangkatan, segeralah untuk mencari tiket serta penginapan dari jauh-jauh hari. Selain untuk menghindari kehabisan tiket dan tempat menginap, kesempatan memeroleh diskon ataupun promo yang biasa dilakukan oleh beberapa penyedia jasa transportasi maupun hotel bisa kamu gunakan untuk berhemat.

Terlebih lagi jika lokasi yang kamu tuju dapat dicapai oleh beberapa jenis tranportasi, ada baiknya jika kamu memilih sarana transportasi yang berbeda agar lebih hemat, seperti mengkombinasikan jalur darat saat berangkat dan pulang menggunakan pesawat.

  1. Memilih tempat makan

Jangan segan untuk menggunakan peralatan masak yang disediakan oleh homestay maupun tempat penginapan. Atau, untuk berhemat kamu bisa memilih tempat makan tradisional dibandingkan makan di restoran mahal. Hitung-hitung sekalian kamu mencicipi makanan khas dari daerah tersebut.

  1. Oleh-oleh

Membawa oleh-oleh sudah seperti hal wajib setiap habis liburan. Jika terpaksa harus membawa oleh-oleh, maka belilah hanya untuk keluarga inti maupun orang terdekat kamu. Atau untuk geng teman-temanmu, beli saja satu bungkus makanan ringan yang dapat dinikmati secara bersama-sama.

Bagaimana? Semoga kamu bisa mengatur budget liburanmu lebih baik ya.