7 Tips Ini Bikin Kamu Tetap Sehat Selama Liburan

0
1049
Pulau Pasir, Belitung (Bello.id/Nisa)

Bello.id – Liburan merupakan saat bagi kamu untuk melepas penat dengan melakukan aktivitas menyenangkan di luar rutinitas. Pergi ke tempat baru serta mencoba hal-hal baru merupakan hal yang lazim dilakukan pada saat liburan.

Namun, tak jarang karena kondisi tubuh yang kurang prima kesehatanmu justru memburuk pascaliburan. Alih-alih menjadi segar untuk kembali memulai rutinitas, kamu jadi merasakan keluhan kesehatan.

Untuk itu, lakukan 7 tips ini akan liburanmu berakhir dengan menyenangkan.

  1. Batasi porsi makan

Mencoba kuliner khas destinasi wisata memang tak boleh kita lewatkan dari agenda liburan. Namun, dalam tips berlibur sehat kamu perlu membatasi asupan makanan tersebut, jangan sampai kita terlalu ‘terbawa suasana’ dengan makan sebanyak-banyaknya, apalagi jika makanan tersebut mengandung kandungan makanan yang berbahaya bagi kesehatan.

Kamu juga bisa berbagi makanan dengan rekan serombongan perjalanan, atau meminta porsi yang lebih sedikit dari porsi normal jika kamu berwisata sendirian.

2. Cobalah makan dari piring merah

Hal ini mungkin sulit untuk dilakukan, tapi jika memungkinkan, tidak ada salahnya untuk dicoba. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Appetite mengatakan bahwa, kita makan lebih sedikit saat makan makanan di piring merah.

Para peneliti berpendapat bahwa warna merah dapat bekerja sebagai sinyal halus untuk berhenti (seperti lampu lalu lintas merah) yang dapat membuatmu mengurangi asupan makan.

3. Siapkan camilan sehat

Imbangi agenda ‘cicip-mencicip’ dengan camilan sehat selama liburan berlangsung, sehingga kamu tidak ‘kalap’ ketika berwisata kuliner lantaran terlampau kelaparan.

4. Pilih menu yang sehat

Selalu usahakan memilih alternatif tersehat dari pilihan makanan yang hendak kita cicipi, misalnya memilih makanan yang direbus ketimbang yang digoreng, menghindari mayonaise, dan sebagainya. Jika tidak, kamu juga bisa membeli buah tropis sebagai variasi sehat makanan yang kita konsumsi selama liburan.

  1. Turunkan rasa bersalah

Ada penelitian yang menyebutkan bahwa jika kita merasa bersalah setelah makan terlalu banyak, maka berat badan mereka akan cenderung bertambah. Jadi, jika kamu terlanjur makan terlalu banyak, santai saja ya.

  1. Berjalan kaki

Berjalan kaki merupakan salah satu metode sederhana bagi kamu untuk tetap berolahraga selama liburan. Selain menjaga kebugaran tubuh, berjalan kaki juga mampu membakar kalorimu lho.

  1. Minum air putih

Selama liburan, pastikan kamu selalu menyiapkan cadangan air yang cukup sehingga kamu terhindar dari resiko dehidrasi.

Jadikan liburanmu menyenangkan dengan tetap menjaga kesehatan tubuhmu, ya.