Pantai Pandawa, Keindahan yang Tak Lagi Menjadi Rahasia

0
2691
Pantai Pandawa, Bali (Bello.id/Nisa)

Bello.id – Ingin menikmati indahnya Pantai di Bali yang jauh dari keramaian? Jawabannya adalah Pantai Pandawa. Meski jauh dari keramaian, bukan berarti pantai ini tak populer.

Sejak Pemerintah Kabupaten Badung membangun akses jalan yang lebar dan beraspal menuju pantai ini, tingkat kunjungan wisatawan dikabarkan semakin meningkat.

Sebelumnya, meski akses jalan yang memadai belum tersedia, pantai ini sudah cukup populer dikalangan wisatawan asing. Akses jalan yang sulit serta posisi pantai yang tersembunyi di balik tebing-tebing karang membuat pantai ini mendapat julukan ‘Secret Beach’.

Kini, Pantai Pandawa mulai diramaikan oleh wisatawan lokal yang penasaran akan keindahan ‘Secret Beach’ ini.

Selain akses jalan yang baik, daya tarik lain pantai ini ialah patung ukiran ukuran raksasa dari tokoh-tokoh pewayangan Mahabharata, yang terdiri dari Dewi Kunti, Dharma Wangsa, Bima, Arjuna dan Nakula. Kelima patung ukiran tersebut berada di dalam tebing kapur di sisi jalan menuju Pantai Pandawa.

Akses jalan menuju Pantai Pandawa (Bello.id/Nisa)
Akses jalan menuju Pantai Pandawa (Bello.id/Nisa)

Adanya kelima patung ini membuat pengunjung Pantai Pandawa tidak hanya mengunjungi pantai saja, tetapi juga museum alam terbuka tokoh-tokoh pewayangan kisah Mahabharata. Daya tarik pantai ini semakin disemarakkan dengan tulisan “Pantai Pandawa” berukuran besar yang lantas menjadi lokasi selfie favorit para wisatawan.

Patung pewayangan mahabharata di Pantai Pandawa (Bello.id/Nisa)
Patung pewayangan mahabharata di Pantai Pandawa (Bello.id/Nisa)

Tak hanya panoramanya yang indah dan patung ukiran tokoh pewayangan Mahabharata yang menarik, travelers juga dapat menyewa kano, permainan yang tak banyak tersedia di pantai-pantai lain.

Tak perlu khawatir tenggelam atau terbawa arus pantai ketika bermain kano, karena kontur landai pantai ini cukup luas serta ditambah lagi dengan disediakannya pelampung bagi para penyewa kano. Lelah usai berkano atau berenang, travelers dapat bersantai di bangku-bangku panjang yang disewakan di pinggir pantai sembari menikmati jasa pijat relfeksi.