Penasaran Kenapa Batu Granit di Belitung Berukuran Besar?

0
951

Bello.id – Kamu pasti sudah pernah mendengar indahnya pantai-pantai di Belitung yang dihiasi dengan batu-batu granit besar.

Batu-batu besar yang kerap mengundang decak kagum orang yang melihatnya ini, ternyata berasal dari kedalaman puluhan kilometer dari permukaan bumi yang terangkat ke permukaan bumi proses tektonik. Menarik ya?

Selama proses pengangkatan granit dari bawah Bumi oleh proses tektonik, tubuh granit mengalami pematahan dan peretakan. Proses ini terjadi berulang-ulang selama ratusan hingga ribuan tahun, hingga batu granit yang muncul di permukaan seolah-olah merupakan bongkah batuan yang terpisah-pisah.

Padahal bongkah batu granit raksasa ini sebenarnya hanya bagian atas dari tubuh sangat besar batu granit yang ada di bawah permukaan bumi.

DSCN0431Batu granit tersebut sebenarnya merupakan bagian dari suatu tubuh batuan beku yang menjadi batuan dasar Indonesia bagian barat yang disebut sebagai batolit.

Selain di Bangka Belitung, batuan yang terbentuk kira-kira antara 65 hingga 200 juta tahun yang lalu ini juga tersebar di Kepulauan Riau hingga Semenanjung Malaysia, Kepulauan Natuna, Selat Karimata hingga Laut Cina Selatan, serta sebagian Kalimantan Barat.

Selain menyimpan rahasia alam yang mengagumkan, batu granit ini juga punya legenda yang cukup menarik. Pada website Jurnal Nasional, disebutkan bahwa batu yang terdapat di Pantai Tanjung Kelayang selalu menjaga Pulau Belitung. Hal ini ditandai dengan posisi batu yang seolah sedang berendam sambil menghadap ke arah kiblat.

Legenda lain mengatakan bahwa batu tersebut merupakan wujud kesetiaan seorang pemuda bernama Bujang yang bersumpah akan senantiasa menanti kekasihnya, Dayang, meskipun sang kekasih telah menikah dengan pemuda lain atas paksaan orang tuanya.

Menarik bukan?

LEAVE A REPLY