Tarsius Imut Bermata Besar dari Belitung

0
815
Tarsius di Wisata Alam Batu Mentas, Belitung (Bello.id/Nisa)

Bello.id – Pernah lihat hewan imut menggemaskan yang satu ini? Matanya yang bulat lebar serta tubuhnya yang seukuran dengan genggaman tangan ini memang menggemaskan.

Hewan dengan nama latin Tarsius Bancanus ini punya beberapa nama atau sebutan, antara lain ‘Tarsius’, ‘Mentilin’, ‘Palilean’, sampai ‘Monyet hantu’.

Disebut sebagai ‘monyet hantu’, karena jika kita menyorotkan senter ke arahnya, matanya yang besar akan berwarna kemerahan.

Sementara itu, ‘Palilean’ merupakan sebutan dalam bahasa sehari-hari masyarakat Belitung, yang merupakan salah satu lokasi di Indonesia dimana kita bisa menemukan si imut ini.

Si imut dengan mata dan telinga besar ini tergolong hewan nokturnal yang pada siang hari banyak beristirahat pada dahan-dahan kecil dengan ketinggian 3 hingga 5 meter dari permukaan tanah dan baru beraktifitas menjelang malam tiba.

Selain bermata lebar, seperti halnya Burung Hantu, ia juga mampu memutar kepalanya hingga 180 derajat (mungkin ini juga salah satu sebab kenapa ia disebut sebagai monyet hantu).

Panjang tubuhnya sekitar 12-15 cm, dengan berat sekitar 128 gram (Jantan) dan 117 gram (betina).

Panjang ekor Tarsius melebihi panjang tubuhnya, yakni sekitar 18-22 cm dan cendrung tidak berbulu, kecuali pada bagian ujungnya.

Sebagai modalnya untuk memanjat pohon-pohon, ia memiliki masing-masing 2 cakar pada kakinya.

Selain memanjat, ia juga dapat melompat, merayap serta merenggangkan kaki depan dan belakangnya. Soal makanan, ia tergolong karnivora dengan makanan utamanya, yaitu serangga.

Tarsius dapat ditemukan antara lain di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Brunei dan Malaysia.

Di Sumatera, Belitung merupakan salah satu daerah dimana kita bisa menemukan si imut ini. Bahkan, ia menjadi maskot Bangka Belitung, lho!

Jenis Tarsius yang ada di Belitung berbeda dengan yang ada di lokasi lainnya. Ia lebih besar, penyendiri, setia karena tinggal dengan satu pasangan sumur hidupnya. Tarsius Belitung juga cenderung pendiam, tidak seperti Tarsius Sulawesi yang cukup berisik.

Tarsius yang tinggal di Belitung memiliki nama ilmiah Tarsius bancanus saltator.

Sementara itu, jenis tarsius lain, yaitu Tarsius bancanus natunensis terdapat di Sulawesi, Tarsius bancanus borneanus di Brunei, Indonesia (Kalimantan dan Pulau Karimata) dan Malaysia.

Ada pula Tarsius bancanus bancanus terdapat di sebagian Sumatra dan Pulau Bangka, Indonesia.

LEAVE A REPLY